Tugas dan Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan

1. Wirausahawan  adalah  orang  yang  mempunyai  jiwa  mandiri,  motivasi tinggi,  serta  berkemauan  dan  berkemampuan  untuk  mengubah  tantangan menjadi  peluang.  Dengan  demikian,  wirausahawan  mempunyai  peran  yang besar dalam kemajuan perekonomian. Sebutkan dan Jelaskan Peran wirausahawan dalam perekonomian adalah ?

2. Salah satu usaha yang paling menjanjikan di masa  sekarang ini adalah menjadi  seorang  wirausaha.  Wirausaha  adalah  orang  yang  pandai  atau berbakat  untuk  mengenali  produk  baru,  menentukan  cara  dan  proses produksi  baru,  menyusun  operasi  pengadaan  produk  yang  baru, memasarkannya, serta mengatur modal operasinya. Sebutkan dan Jelaskan manfaat menjadi seorang wirausaha ?

3. Banyak  orang  yang  merasa  dirinya  adalah  orang  yang  ‘terlahir’  tidak  kreatif dan sebagainya, namun sebenarnya menjadi kreatif adalah masalah kemauan dan  latihan.  Sebutkan dan Jelaskan Cara menjadi  seorang entrepreneur yang  kreatif?  

4. Karakter wirausaha menurut Bygrave ada sepuluh, dikenal dengan 10 D, Sebutkan Dan Jelaskan?

5. Wirausahawan  adalah  orang  yang  menjalankan  usaha  atau  perusahaan dengan  kemungkinan  menanggung  resiko  seperti  kerugian.  Oleh  sebab  itu seorang  wirausaha  harus  memiliki  kesiapan  mental,  baik  pada  saat menghadapi  keadaan  yang  merugikan  maupun  saat  ia  mendapatkan  untung besar. Sebutkan dan Jelaskan Karakter  wirausaha  yang  harus  dimiliki  oleh  seorang  yang  ingin  menjadi wirausahawan agar sukses dalam menjalankan usahanya?












Tugas Individu
Carilah pengusaha inspiratif  dilingkungan sekitar. Tuliskan perilaku prestatif apa yang bisa kalian teladani?

Tes Unjuk Kerja
Siswa di bagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa. Siswa diminta untuk melakukan wawancara dengan seorang wirausaha di lingkungan sekitar. Kemudian mempresentasikan hasil wawancara di depan kelas. Beberapa point yang dilalukan saat wawancara adalah sebagai berikut. 

a. Latar belakang sebagai wirausaha
b. Jenis usaha dan produk
c. Pemasaran produk
d. Konsumen sasarannya 

Siswa diminta menyimpulkan karakter wirausaha apa yang dimiliki dan bisa
diteladani.

Belum ada Komentar untuk "Tugas dan Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel