Sistem Injeksi Diesel

1. Jika penyetelan tali kipas terlalu kencang maka akan mempercepat kerusakan pada
a. Baterai
b. Bantalan pompa air & alternator
c. Radiator
d. Distributor
e. Stater

2. Komponen pompa injeksi model sebaris (in line) yang berfungsi untuk menentukan jumlah pengabutan adalah 
a. Katup penyalur
b. Alur pengontrol
c. Silinder pompa
d. Lubang pemberi
e. Plunyer

3. Pada motor diesel, sering kita melakukan ” bleeding ” maksudnya adalah :
a. Memompa bahan bakar
b. Memanaskan mesin
c. Membuang udara
d. Menyetel pompa injeksi
e. Mengeluarkan solar

4. Urutan pengaliran bahan bakar pada system bahan bakar diesel adalah…….
a. Fuel tank –  fuel feed pump – fuel filter – injection pump – injection nozzle.
b. Fuel tank– fuel filter – fuel feed pump – injection pump – injection nozzle.
c. Fuel tank –fuel filter – injection pump – fuel feed pump –  injection nozzle.
d. Fuel tank – injection pump – fuel filter –  fuel feed pump – injection nozzle.
e. Fuel tank - fuel feed pump – injection nozzle– injection pump

5. Berikut ini adalah sifat – sifat utama solar kecuali :
a. Berwarna kuning gelap,berbau, encer tidak mudah menyerap pada suhu normal
b. Titik nyala 50º - 110º
c. Berat jenis : 0,82 – 0,86
d. Kadar belerang > 1 %
e. Tidak nyala 40º-100º

6. Besarnya deflasi tali kipas adalah……..
a. 5 - 7 mm
b. 6 - 8 mm
c. 7 - 11mm
d. 8 – 12 mm
e. 10-14 mm

7. Bagian dari system bahan baker diesel yang digunakan untuk menghilangkan udara palsu yang masuk pada sirkuit aliran   bahan baker diesel adalah………..
  a. Injection pump
  b. Feed pump
  c. Fuel delivery line
  d. Fuel return line
  e. Priming pump

8. Pernyataan-pernyataan dibawah ini benar untuk system bahan baker diesel yang mengunakan pompa injeksi in-line, kecuali :
  a. Saat plunyer menuju sisi bawah pompa injeksi,bahan baker masuk kedalam silinder pompa
  b. Saat plunyer menuju sisi atas pompa injeksi, delivery valve tertutup
  c. Feed pompa menghusap bahan bakar dari fuel tank
  d. Feed pompa menekan bahan bakar menuju water sedimenter dan filter 
  e. Injection nozzle mengabutkan bahan baker kedalam ruang bakar



9. Sistem aliran bahan bakar pada motor diesel adalah sebagai berikut :    
a. Tangki – saringan kasar - pompa transfer – pompa injeksi – jaringan halus – injektor
b. Tangki – pompa transfer – saringan kasar – pompa injeksi – saringan halus – injektor
c. Tangki – saringan halus – pompa transfer – saringan kasar – pompa injeksi – injektor
d. Tangki – saringan kasar – pompa transfer – saringan halus – pompa injeksi – injektor
e. Tangki – pompa transfer – saringan kasar – pompa injeksi – saringan halus – injektor

10. Gambar berikut menunjukkan kerja pengabut (injector) pada saat ….
a. Langkah isap
b. Langkah kompresi
c. Langkah persiapan
d. Langkah pengabutan
e. Langkah kebocoran




11. Komponen pompa injeksi model sebaris (in line) yang berfungsi untuk menentukan jumlah pengabutan adalah….
A. katup penyalur
B. alur pengontrol
C. silinder pompa
D. lubang pemberi
E. Plunyer

12. Untuk menjamin mesin tidak mati pada waktu idling dan mencegah putaran maksimum yang melebihi batas yang ditentukan serta mengatur pemakaian bahan bakar sesuai dengan kecepatan adalah …
a. automatic timer 
b. governor 
c. priming pump
d. injection pump
e. feed pump

13. Pada pompa injeksi distributor yang berfungsi untuk menaikkan tekanan bahan bakar dan mendistribusikan ke tiap-tiap injector …
a. timer dan vane
b. over flow dan timer  
c. cam plate dan plunyer
d. solenoid plunyer
e. pompa transfer

14. Pada governor tipe mekanik, yang mengontrol putaran tinggi mesin dilakukan oleh gaya sentrifugal dari …
a. idling spring
b. speed control spring
c. control rack
d. fly weight
e. fly wheel

15. Untuk menghilangkan udara yang berada di saluran bahan bakar pada motor diesel dalam keadaan mesin tidak hidup adalah …
a. feed pump
b. cam shaft
c. priming pump
d. Water sedimenter
e. Governor

16. Ada kemungkinan air masuk dalam aliran bahan bakar karena proses pengembunan pada tangki bahan bakar, untuk itu diperlukan komponen yang memisahkan air dengan bahan bakar
a. filter bahan baker
b. water sedimenter
c. control rack
d. priming pump
e. delivery valve

17. Pada motor diesel sebelum ruang bakar terdapat ruang turbolen, diesel seperti ini termasuk jenis
a. direct injection
b. stasioner
c. untuk kerja berat
d. indirect injection
e. untuk kerja ringan

18. Motor diesel yang ruang bakarnya dibentuk pada pistonnya sendiri, termasuk diesel jenis
a. indirect injection
b. diesel kerja ringan
c. diesel kerja berat
d. diesel stasioner
e. direct injection

19. Komponen nozzle yang berfungsi menghubungkan unit nozzle dengan pipa tekanan tinggi
a. pressure pin
b. pressure spring
c. nozzle holder
d. adjusting nut
e. connector nut

20. Berapa jumlah crank journal pada motor diesel bila motor diesel tersebut memiliki enam buah silinder
a. 3 buah
b. 4 buah
c. 8 buah
d. 6 buah
e. 7 buah

21. Komponen system bahan bakar diesel yang berfungsi untuk menghisap dan menekan solar ke filter dan water sedimenter
a. nozzle
b. priming pump
c. governor pneumatic
d. feed pump
e. injection pump

22. Komponen yang berfungsi untuk memajukan saat penginjeksian pada motor diesel
a. automatic timer
b. governor
c. injector
d. glow plug
e. delivery valve

23. Proses penyemprotan bahan bakar secara langsung ke ruang bakar utama disebut tipe
a. swirl injection
b. direct injection
c. pre combustion injection
d. indirect injection
e. energi cell

24. Pada motor diesel komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan udara pompa injeksi tipe in-Line
a. filter body
b. air vent plug
c. filter case
d. elemen
e. center bolt

25. Komponen pompa injeksi distributor yang fungsinya mencegah aliran bahan bakar kembali ke daerah plunyer
a. cam plate
b. spill ring
c. delivery valve
d. over flow screw
e. governor

Belum ada Komentar untuk "Sistem Injeksi Diesel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel