Uji Kompetensi Perawatan Berkala Kopling

A. Soal Pilihan Ganda
1. Gambar di samping ada|ah pemeriksaan 
a. Bantalan pilot
b. Garpu pembebas 
c. Bantalan pembebas 
d. Cluth hub
e. Unit penekan 

2. Berikut ini ada|ah keuntungan kopling plat tunggal dengan pegas diafragma, kecuali... (HOTS) 
d. Gaya penekanan pada pedai kopling lebih ringan 
b. Penekanan terhadap kanvas kopling lebih merata 
c. Murah 
d. Kontruksi rumit
e. Banyak digunakan pada kendaraan 

3. Salah satu keuntungan jika kendaraan menggunakan kopling tipe pegas koil adalah... 
a. Gaya penekanan pada pedal kopling lebih ringan 
b. Penekanan terhadap kanvas k0pling lebih kuat 
c. Harganya mahal 
d. Kontruksi rumit  
e. Tenaga untuk menekan pedal kopling besar

4. Gambar di samping adalah tutup kopling tipe . . .
a. Pegas diafragma 
b. Pegas koil 
c. Pegas daun 
d. Pegas spiral 
e. Pegas jangkar 

5. Sedangkan gambar di samping adalah tutup kopling tipe. . 
a. Pegas diafragma
b. Pegas koil 
c. Pegas daun 
d. Pegas spiral 
e. Pegas jangar 

6. Gambar di samping adalah komponen utama kopling yaitu .... 
a. Kanvas kopling
b. Pegas diafragma 
c. bantalan pembebas 
d. Garpu pembebas 
e. Plat penekan 

7. Bagian no.2 adalah 
a. Facing
b. Clutch Hub
c. Pegas torsi 
d. Paku keling 
e. pegas koil 

8.Bagian kanvas kopling berfungsi mengurangi kejutan/getaran pada saat tenaga dihubungkan ditunjukkan pada bagian nomor ....(HOTS) 
a. 1
b. 2
c. 3
d.4
e. 5

9. Bagian kopling yang berfungsi meneruskan gaya dorong dari tuas mbebas k as diafragma adalah (HOTS)

a. Bantalan pilot 
b. Pegas diafragma 
c. Bantalan pembebas
d. Cluth cover 
e. Plat penekan

10. Gambar di samping adalah komponen utama kopling yaitu .....
a Kanvas kopling 
b. Pegas diafragma 
c. bantalan pembebas 
d. Garpu pembebas
e. Plat Penekan

11. Gambar dibawah ini menunjukkan ...
a Pengukuran kedalaman kepala paku keling 
b Pemeriksaan kedalaman kepala paku keling 
c. Pengukuran pegas diafragma 
d. Pengukuran kedalaman pegas diafragma 
e. Pengukuran Iebar pegas diafragma 


12. Fungsi komponen utama kopling pada gambar di atas adalah ...
a Menghasilkan tekanan hidrolis 
b. Mendorong release fork
c. Menekan pegas diafragma 
d. Menekan release bearing 
e. Menekan presure plate

13. Fungsi Utama komponen utama kopling pada gambar diatas adalah ...
a. Menghasilkan tekanan hidrolis 
b. Mendorong release fork 
c. Menekan pegas diafragma 
d. Menekan release bearing 
e. Menekan presure plate 

14. Menurut cara kerjanya mekanisme penggerak kopling dibedakan menjadi 2 yaitu.... a. tipe mekanis dan tipe pneumatic 
b. tipe hidrolis dan tipe pneumatic 
c. tipe makanis dan tipe hidrolis 
d. tipe otomatis dan tipe pneumatic 
e. tipe hidrolis dan tipe otomatis 

15. Sedangkan gambar di samping menunjukkan cara kerja kopling pada saat.....
 
a. pedal kopling diinjak
b. pedal kopling dilepaskan 
c. pedal kopling sétengah diinjak 
d. pedal kopling setengah dilepas 
e pedal kopling akan diinjak

B. Soal Jawaban Singkat 
1. Chasis adalah suatu sistem pada kendaraan yang meIiputi ........ 
2. Fungsi kopling pada kendaraan adalah.... 
3. Pemeriksaan/pengukuran yang dilakukan pada kanvas kopling adalah . . . 
4. Alat yang dipakai untuk mengukur kedalaman paku keling pada kanvas kopling adalah. . .
5. Apabila pedal kopling diinjak ringan, salah satu penyebabnya adalah ... (HOTS) 

C. Soal Uraian 

1. Jelaskan urutan pemindahan tenaga pada kopling hidrolik! 
2. Jelaskan aliran tenaga mesin pada saat pedal kopling diinjak! 
3. Jelaskan pemeriksaan sistem kopling saat mesin di-start! (HOTS) 
4. Jelaskan langkah-Iangkah penyetelan gerak bebas kopling! 
5. Jelaskan pemeriksaan yang dilakukan pada komponen-komponen kopling! 




Belum ada Komentar untuk "Uji Kompetensi Perawatan Berkala Kopling"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel