Soal Common Rail 2

 

1.      Manakah yang benar mengenai urutan perkembangan teknologi mesin diesel sampai saat ini?

a.       Diesel konvensional à Diesel common rail à EFI diesel

b.      Diesel common rail à EFI diesel à diesel konvensional

c.       EFI diesel à Diesel konfensional à Diesel common rail

d.      Diesel konvensional à EFI Diesel à Diesel common rail

2.      Berikut kelebihan dari system common rail, kecuali ?

a.       Emisi gas buang lebih bersih

b.      Tenaga mesin meningkat dan ekonomis bahan bakar

c.       Getaran berkurang, suara mesin lebih halus

d.      Sistem lebih ringkas

3.      Berikut ini adalah komponen pada system common rail kecuali?

a.       Supply pump

b.      Priming pump

c.       Suction control valve (SCV)

d.      Fuel fiter & water sedimenter

4.      Berikut adalah fungsi komponen pada common rail, kecuali?

a.       Fuel filter menyaring partikel kotoran yang terbawa oleh solar

b.      Supply pump menaikkan tekanan bahan bakar yang akan dikirimkan ke common rail

c.       Common rail menyimpan bahan bakar bertekanan sebelum dikirim ke tanki bahan bakar

d.      Injektor menyemprotkan solar ke dalam ruang bakar berdasar sinyal dari EDU

 

 

 

5.      Berikut adalah fungsi komponen pada system common rail, kecuali?

a.       SCV mengatur volume bahan bakar yang dikirimkan ke supply pump

b.      Fuel temp. sensor mendeteksi suhu bahan bakar bertekanan tinggi di dalam common rail  

c.       Pressure limiter membatasi tekanan bahan bakar maksimal di common rail

d.      Fuel pressure sensor mendeteksi tekanan bahan bakar di dalam common rail

6.      Berikut adalah persamaan antara diesel konvensional dengan  common rail, kecuali?

a.       Filter solar menyaring kotoran yang ikut terbawa oleh solar

b.      Water sedimenter memisahkan air yang terkandung di bahan bakar (solar)

c.       Injektor menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar berdasarkan sinyal dari ECU

d.      Terdapat mekanisme untuk peringatan jumlah solar di dalam tanki

7.      Berikut ini adalah hal yang benar mengenai supply pump, kecuali?

a.       SCV mengontrol jumlah bahan bakar yang akan dikirimkan di plunger saat langkah isap

b.      Supply pump jenis HP3 mempunyai dua buah plunger dengan konstruksi berlawanan

c.       Supply pump digerakkan oleh crankshaft melalui mekanisme gear/belt

d.      Supply pump menaikkan tekanan bahan bakar dalam volume yang tetap

8.      Berikut ini adalah komponen yang terpasang pada common rail, kecuali ?

a.       Fuel temperature sensor

b.      Fuel pressure sensor

c.       Pressure discharge valve

d.      Pressure limiter

9.      Komponen berikut ini bekerjanya dikontrol secara elektronik, kecuali?

a.       SCV ( suction control valve)

b.      Injector

c.       Pressure discharge valve

d.      Pressure limiter

10.  Sinyal berikut  ini berpengaruh terhadap besarnya target tekanan injeksi, kecuali ?

a.       SCV ( suction control valve)

b.      Crank shaft position sensor

c.       Akselererator pedal position sensor

d.      Fuel pressure sensor

11.  Berikut adalah yang benar mengenai injector pada common rail, kecuali ?

a.       Tekanan injector berkisar 135 – 180 Mpa

b.      Injektor dioperasikan oleh sinyal yang dikirimkan oleh ECU

c.       Untuk mengoperasikan injector dibutuhkan tegangan 12 V DC

d.      Setiap injektor dilengkapi dengan correction resistor

12.  Berikut ini hal yang membedakan system injeksi pada mesin bensin dan diesel common rail, kecuali ?

a.       Durasi injeksi

b.      Tekanan bahan bakar

c.       Kontrol / driver injektor

d.      Tegangan untuk mengoperasikan injektor

13.  Berikut ini adalah hal yang benar tentang EDU, kecuali?

a.       EDU menghasilkan tegangan tinggi untuk mengoperasikan injector

b.      Power source EDU menyatu dengan power source ECU mesin

c.       EDU meneruskan sinyal injeksi dari ECU ke injektor

d.      EDU menghasilkan tegangan DC untuk mengoperasikan injektor

14.  Perhitungan volume injeksi dasar dipengaruhi oleh sensor  ?

a.       Fuel pressure sensor

b.      Fuel temperature sensor

c.       Crankshaft position sensor

d.      Intake air temperature sensor

15.  Pada system common rail, Engine ECU mengontrol hal berikut ini, kecuali?

a.       Injektor ( durasi & timing )

b.      EGR valve

c.       Glow plug

d.      VVT-i

16.  Berikut ini terkait dengan acceleration pedal sensor yang benar, kecuali?

a.       Output tegangan yang dihasilkan sebanding dengan injakan pedal gas

b.      Menggunakan hall IC dan magnet untuk pendeteksiannya

c.       Mempunyai dua buah output, yakni VPA, & VPA2

d.      Dioperasikan dengan tegangan baterai 12 volt

17.  Berikut ini yang mempengaruhi perhitungan durasi injeksi, kecuali?

a.       Tekanan bahan bakar

b.      Nilai kompensasi injektor

c.       Injektor feedback value

d.      Temperatur bahan bakar

18.  Berikut ini yang benar terkait dengan correction resistor, kecuali?

a.       Setiap injektor dilengkapi dengan corection resistor

b.      Setiap injektor mempunyai kode corection resistor yang berbeda

c.       Corection resistor dirangkai seri dengan injektor

d.      Kode correction resistor dapat berupa laser marking atau kode QR

19.  Mobil merk Toyota berikut ini sudah menggunakan teknologi common rail,  kecuali?

a.       Innova diesel

b.      Rush diesel

c.       Fortuner diesel

d.      Hilux diesel

20.  Pernyataan berikut ini mengenai perawatan rutin pada mobil dengan teknologi common rail yang benar, kecuali?

a.       Pembersihan dan penggantian filter udara

b.      Pemeriksaan tekanan bahan bakar pada common rail

c.       Pemeriksaan tegangan dan penggantian tali kipas

d.      Pemeriksaan water sedimenter dan filter bahan bakar

21.  Berikut yang merupakan sensor yang ada di  diesel common rail, tetapi tidak ada di injeksi elektronik bensin adalah . . . . 

a.       engine speed sensor 

b.      water temperature sensor 

c.       intake air temperature sensor 

d.      fuel pressure sensor 

22.  Aktuator yang berfungsi mengatur volume bahan bakar yang ditarik ke pompa suplai adalah . . . . 

a.       Suction Control Valve (SCV) 

b.      Exhaust Gas Recirulation (EGR) valve 

c.       injektor 

d.      pompa bahan bakar 

23.  Komponen yang berfungsi menguatkan tegangan kerja (voltase) untuk mengaktifkan injektor adalah  

a.       Electronic Control Unit (ECU) 

b.      Electronic Drive Unit (EDU) 

c.       supply pump 

d.      Suction Control Valve (SCV) 

24.  Sistem kontrol emisi untuk meresirkulasi gas buangan adalah sistem . . . . 

a.       Positive Crankcase Ventilation (PCV) 

b.      B Suction Control Valve (SCV) 

c.       Exhaust Gas Recirulation (EGR) valve 

d.      turbo pressure sensor 

25.  Letak sensor-sensor: accelerator pedal, camshaft position, crankshaft position, dan tekanan . . . .

a.       1, 3, 4, dan 7 

b.      1, 4, 6, dan 8

c.       2, 3, 6, dan 9 

d.      2, 3, 7, den 8 

26.  Sensor tekanan (pressure sensor) bahan bakar mendeteksi tekanan solar pada . . . .

a.       common rail 

b.      feed pump 

c.       supply pump 

d.      tangki bahan bakar 

e.       Suction Control Valve (SCV)

27.  Perhatikan gambar berikut

 

 

 

Komponen yang menjadi masukan dan keluaran dari ECU berturut-turut adalah . . .

a.       pressure discharge valve dan fuel pressure sensor 

b.      fuel pressure sensor dan pressure discharge valve 

c.       fuel pressure sensor dan pressure limiter 

d.      pressure limiter dan fuel pressure sensor 

28.  Urutan sinyal kontrol diesel common rail berikut yang benar adalah . . . . 

a.       sensor 9 EDU 9 ECU 9 injektor 

b.      sensor 9 ECU 9 EDU 9 injektor 

c.       sensor 9 ECU 9 injektor 

d.      sensor 9 EDU 9 injektor 

29.  Volume injeksi diesel common rail dikontrol dengan.... 

a.       mengendalikan tekanan bahan bakar  oleh injektor 

b.      mengatur debit semprotan bahan bakar diinjektor 

c.       menentukan frekuensi injeksi 

d.      menyesuaikan waktu buka dan tutup injektor 

30.  Perhatikan gambar berikut.

 

Gambar tersebut menunjukkan pengukuran 

a.       hambatan ECT 

b.      hambatan MAP

c.       hambatan CKP

d.      hambatan CMP

Belum ada Komentar untuk "Soal Common Rail 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel