Uji Kompetensi Merawat Berkala Poros Roda

A. SOAL PILIHAN GANDA

1. Fungsl Poros aksel pada kendaraan adalah . . .
a. Menghubung dan memutus putaran/tenaga motor ke transmisi
b. Mengatur perbandlngan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehimgga menghasilkan momen puntir yang diinginkan 
c. Meneruskan putaran/tenaga darl transmlsl ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi 
d. Untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok 
e. Meneruskan tenaga putar dari differensial ke roda belakang 


Gambar diatas memperlihatkan bagian-bagian pores Axle, lihat gambar diatas untuk mengerjakan soal no. 2 sampai no. 5 

2. Nama komponen 1, 4 dan 6 adalah 
a. Drum, Brake Tube Union dan Oil Seal 
b. Drum, Rear Axle Shaft Assembly dan Inner Retainer 
c. Brake Tube Union, Bearing dan Oil Seal 
d. Outher Retainer, Gasket dan Bearing 
e. Bearing, Drum, dan RearAxle Shaft Assembly 

3.Sedangkan nama komponen 2, 7 dan 9 adalah . . .
a. Drum, Brake Tube Union dan Oil Seal 
b. Drum, Rear Axle Shaft Assembly dan Inner Retainer 
c. Brake Tube Union, Bearing dan Oil Seal 
d. Outher Retainer, Gasket dan Bearing 
e. Bearing, Drum, dan Rear Axle Shaft Assembly 

4. Bagian poros Axle yang berfungsi sebagai tempat kedudukan RearAxIe Shaft agar dapat berputar bebas terhadap RearAx/e Housing ditunjukkan pada bagian nomor (HOTS) 
a. 2 
b. 4 
c. 6 
d. 7
e 8

5. Sedangkan bagian poros Axle yang berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari Differential ke roda belakang ditunjukkan pada bagian nomor (HOTS) 
a. 2 
b 4 
c. 6 
d 8 
e. 9 

6. Berdasarkan sistem penopangnya poros Axle diklasifikasikan menjadi 3 yaitu 
a. Semi Floating, Quarter Floating, Full Floating 
b Semi Full Floating, Three Quarter Floating, Full Floating 
c Semi Floating, Three Quarter Floating, Full Floating 
d Semi Quarter Floating, Quarter Floating, Full Quarter Floating 
e Semi Quarter Floating, Three Quarter Floating, Full Floating 

7. Gambar berikut adalah pemasangan bantalan poros penggerak Aksel Rigid model ...
a. Semi Floating 
b. Full Floating 
c. Full Load Axle 
d. Semi Load Axle Shaft 
e. Three Quarter Floating 

8. Keuntungan poros roda belakang jenis Three Quarter Floating adalah......... (HOTS) 
a. Konstruksinya sederhana 
b. Berat kendaraan seluruhnya dipikul oleh Axle Housing sehingga Axle Housing tidak bengkok 
c. Gaya ke samping tidak diteruskan ke Axle Shaft 
d. Faktor keamanan iebih baik dan sanggup memikul beban berat 
e. Berat kendaraan tidak semua diteruskan ke Axle Shaft, sehingga Axle Shaft tidak bengkok 

9. Gambar berikut adalah pemasangan bantalan poros penggerak aksel rigid model 
a. Semi Floating . 
b. Full Floating
c. Full LoadAxle
d. Semi Load Axle Shaft
e. Three Quarter Floating

10. Kerugian poros roda belakang jenis Full Floating adalah . . .
a. Axle Shaft menjadi bengkok akibat berat kendaraan Iangsung dipikul oleh poros
b.Jika patah roda tidak ada yang menahan 
c. Harganya mahal 
d. Akibat gaya ke samping tetap menimbulkan kebengkokan e Faktor keamanan jelek 

B. SOAL JAWABAN SINGKAT 

1. Pada tipe Suspensi Independen jenis poros roda yang digunakan adalah . . .
2. Komponen yang berfungsi mencegah kebocoran oli dari poros Axle adalah . . . 
3. Komponen yang berfungsi untuk menjamin agar bearing tetap pada kedudukannya yaitu 
4. Istilah Iain dari bebas memikul adalah... 
5. Bagian poros yang berfungsi sebagai tempat kedudukan Rear Axle Shaft agar dapat berputar bebas terhadap RearAxIe Housing adalah . . . (HOTS) 

C. SOAL URAIAN 

1. Jelaskan perbedaan poros penggerak Semi Floating dan Full Floating! (HOTS) 
2. Jelaskan fungsi dari Oil Seal! 
3. Fungsi dari gasket pada poros axel adalah... 
4. Apa keuntungan dari poros roda Full Floating? 
5. Jelaskan fungsi Rear Axle Shaft! 

Belum ada Komentar untuk "Uji Kompetensi Merawat Berkala Poros Roda"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel