Uji Engine Management Sistem Sensor
1. Sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
menggunakan bahan termistor NTC. Hal ini
berarti . . . .
A. temperatur dingin --> tahanan besar --> tegangan kecil
B. temperatur dingin --> tahanan besar -> tegangan besar
C. temperatur dingin -> tahanan kecil --> tegangan kecil
D. temperatur panas -> tahanan kecil --) tegangan besar
E. temperatur panas --> tahanan besar -> tegangan besar
Perhatikan gambar berikut.
2. Perubahan nilai sensor pada gambar tersebut pada dasarnya berupa perubahan . . .
A. nilai tegangan berkisar antara 0-5 volt nilai B.tegangan berkisar milivolt
C. nilai hambatan
D. nilai temperatur
E. nilai tekanan
3. Bahan dari Throttle Position Sensor (TPS) merupakan .
A. tahanan geser dari karbon arang
B. termistor NTC
C. termistor PTC
D. IDR
E. Piezoceramic
4. Fungsi sensor Manifold Absolute Pressure
(MAP) adalah . .
A. mendeteksi suhu air pendingin
B. mendeteksi suhu udara masuk
C. mengetahui udara masuk
D. mengetahui posisi pembukaan katup gas
E. mengetahui kecepatan putaran mesin
5. Crankshaft Position Sensor (CKP) dan Camshaft Position Sensor (CMP) biasanya diletakkan pada . . . .
A. distributor, intake manifold, dan roda
gaya
B. distributor, poros engkol, dan roda gaya
C. intake manifold, poros engkol, dan blok
silinder
D. blok mesin, throttle, dan ruang bakar
E sebelum throttle, sesudah throttle, dan poros engkol
6. Sensor Engine Coolant Temperature (ECT)
terbuat dari bahan termistor NTC. Termistor
NTC adalah . . . .
A. resistor yang bekerjanya dipengaruhi suhu
B. resistor yang bekerjanya dipengaruhi suhu dengan nilai hambatannya rendah jika suhu rendah
C. resistor yang bekerjanya dipengaruhi suhu dengan nilai hambatannya tinggi jika suhu rendah
D. pengatur suhu mesin yang bekerjanya dipengaruhi resistor NTC
E. pengatur suhu mesin yang bekerjanya dipengaruhi ETC
7. Sensor yang bertugas mendeteksi temperatur pendingin mesin adalah . . . .
A. ECT
B. IAT
C. TPS
D. NTC
E PTC
8. Sensor yang bertujuan untuk mengetahui posisi pembukaan katup gas adalah . . . .
A. Engine Coolant Temperature
B. Intake Air Temperature
C. Throttle Position Sensor
D. Negative Temperature CoeMsien
E. Positive Temperature CoefiEsien
9. Perhatikan rangkain berikut
Jika nilai R1 = R2, tegangan sinyal bernilai . . .
volt.
A. 0
B 2
C. 2,5
D. 3
E. 5
10. Perhatikan rangkaian dan grafik Throttle Position Sensor (TPS) berikut.
Pernyataan berikut yang tidak benar
mengenai sensor TPS adalah . . .
A. Sinyal keluaran sensor berupa tegangan.
B. Tegangan sinyal berbanding lurus dengan bukaan katup gas.
C. TPS merupakan tahanan geser/variable
resistor.
D. Jika katup gas semakin terbuka, nilai
hambatan outputjuga akan semakin
besar.
E. Sensor TPS merupakan resistor NTC.
11. Air Flow Sensor bertujuan untuk mendeteksi
A. suhu mesin
B. aliran air pendingin mesin
C. aliran udara pendingin mesin banyak udara D. masuk pada intake manifold
E. temperatur aliran udara pada intake
manifold
12. Bahan dari Air Flow Sensor merupakan . . . .
A. tahanan geser dari karbon arang
B. termistor NTC
C.termistor PTC
D. LDR
E. Piezoceramic
13. Sensor yang bekerjanya dengan cara membandingkan tekanan antara ruang vakum sensor dan intake manifold adalah . . . .
A. Engine Coolant Temperature
B. Intake Air Temperature
C. Throttle Position Sensor
D. Manifold Air Pressure
E. sensor lambda
14. Berikut yang merupakan fungsi sensor knock adalah . . . .
A. mendeteksi terjadinya detonasi/knocking
B. mendeteksi nilai oktan bahan bakar
C. memajukan saat pengapian ketika terjadi knocking
D. mendeteksi terjadinya detonasi dan nilai oktan bahan bakar
E. mendeteksi terjadinya detonasi dan nilai
oktan bahan bakar, serta memajukan saat pengapian ketika terjadi knocking
15. Sensor yang bekerjanya membandingkan jumlah oksigen (02) gas buang dan udara luar
adalah . . . .
A. sensor lambda
B. sensor MAP
C. sensor knock
D. sensor hall
E. sensor IAT
Belum ada Komentar untuk "Uji Engine Management Sistem Sensor"
Posting Komentar