Cara Kerja Pemindah Tenaga Transmisi Manual

 Cara Kerja Pemindahan Tenaga Transmisi Manual 


Pada scbuah sistem transmisi manual, roda gigi diubah oleh pengcndara. Tuas persneling/transmisi (pada kolom setir/lantai kabin) mcmungkinkan pengcndara memilih roda gigi yang tepat dengan menggunakan tangan. Berikut dijelaskan model transmisi sinkromesh 4 speed (4 kecepatan maju dan l kecepatan mundur). 

a. Pada Saat Netral 

Saat ini kcdudukan clutch hub sleeve berada pada posisi netml (di tengah-tengah), maka tenaga mesin yang dipindahkan kc transmisi scbagai berikut: input ska}? transmission main drive gear counter gear barulah kc gigi l, gigi 2, gigi 3. Jadi, pada saat netral ini output shaft tidak berputar. 



Gambar 2.5 Posisi tuas persneling/transmisi pada saat netral (di tengah-tengah) 

b. Pada Saat Gigi 1 (First Gear) 

Saat ini clutch hub sleeve no. 1 bergerak ke kanan sehingga berhubungan dengan spline gear gigi l, tenaga mesin dipindahkan oleh transmisi sebagai berikut: input shaft - main driver gear - counter gear gigi l - clutch hub sleeve no.1 - clutch hub dan output shaft. 


Gambar 2.6 Posisi tuas persneling/transmisi pads saat gigi 1 (bergerak ke kanan) 

c. Pada saat Gigi 2 (Second Gear) 

Pada posisi ini clutch hub sleeve no.1 bergerak ke kiri sehingga berhubungan dengan gear spline gigi 2, kemudian tenaga mesin dipindahkan oleh transmisi sebagai berikut: input shaft-main drive gear -counter gear - gigi 2 - clutch hub sleeve no.1 - clutch hub dan output shaft. 

Gambar 2.7 Posisi tuas persneling/transmisi pada saat gigi 2 (bergerak ke kiri) 

d. Pada saat Gigi 3 ( Third Gear) 

Pada saat ini, clutch hub sleeve no. 2 bergerak ke kanan. Akibatnya, teljadi hubungan antara gigi 3 dengan clutch hub sleeve no. 2. Untuk itu, tcnaga mcsin dipindahkan oleh transmisi sebagai berikut: input shaft - main drive gear - counter gear - gigi 3 - clutch hub sleeve - clutch hub dan output shafi. 

Gambar 2.8 Posisi tuas persneling/transmisi pada saat gigi 3 (bergerak ke kanan) 


e. Posisi saat Gigi 4 ( Top Gear) 
Pada saat ini, clutch hub sleeve no. 2 bergerak ke kiri sehingga berhubungan dengan main drive gear, sedangkan clutch hub sleeve no. I posisi netral. Akibatnya tenaga mesin dipindahkan oleh transmisi sebagai berikut: input shaft - main drive gear - clutch hub no. 2 langsung ke output shaft. Pada saat ini tenaga mesin tidak melalui counter gear. 

Gambar 2.9 Posisi tuas persneling/transmisi pada saat gigi 4 (bergerak ke kiri) 

f. Pada saat Gigi Mundur (Reverse Gear) 

Pada saat ini, gigi mundur (idle gear) bergerak ke kiri menghubungkan counter gear dengan gigi mundur, akibatnya putaran dipindahkan terbalik oleh idle gear tersebut. Posisi dari kedua clutch hub sleeve = netral. Hal ini mengakibatkan tenaga mesin dipindahkan oleh transimisi sebagai berikut: input shaft - main drive gear - counter gear - idle gear - clutch hub sleeve no. 1 - clutch hub dan output shaft. 

Gambar 2.10 Posisi tuas persneling/transmisi pada saat gigi mundur (bergerak ke kiri)

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Pemindah Tenaga Transmisi Manual"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel