Uji Kompetensi Rem Konvensional

1. Nama komponen nomor 2, 3 dan 7 adalah 
a. Boster, saluran buang, dan pipa rem 
b. Boster, master silinder, dan pipa rem
c. Boster, master silinder, dan rem parkir 
d. Master silinder, saluran buang, dan pipa rem 
e. Master silinder, katup pengaman, dan pipa rem 

2. Sedangkan nama komponen 1,5 dan 6 ada|ah 
a. Pedal rem, boster, dan pipa rem 
b. Pedal rem, proportioning valve, dan rem cakram 
c. Pedal rem, slang fieksibel, dan proportioning valve 
d. Master silinder, pipa rem, dan pipa rem 
e. Boster, proportioning valve, dan master siIinder 

3. Sedangkan Bagian sistem rem yang berfungsi mengurangi tekanan hidrolis pada wheIl cylinder roda belakang agar rem tidak terkunci adalah. . .. (HOTS) 
a. Proportioning valve 
b. Compression valve 
c. Vacuum valve 
d. Boster rem 
e. Check valve 

4. Sedangkan bagian sistem rem yang berfungsi mengurangi tenaga yang diperlukan oleh pengemudi dalam pengereman adalah . . . . (HOTS) 
a. Proportioning valve 
b. Compression valve 
c. Vacuum valve 
d. Boster rem
e. Check valve 

5. Penggolongan rem menurut konstruksinya adalah.... 
a.Rem tromol, rem hidrolis, rem cakram 
b.Rem cakram, rem parkir, rem tromol
c.Rem boster, rem mekanik, rem hidrolis 
d.Rem tangan, rem kaki, rem pada propeller 
e. Rem cakram, rem tangan, rem mekanik 

6. Sedangkan penggolongan rem menurut mekanismenya adalah.... 
a.Rem tromol, rem hidrolis, rem cakram 
b.Rem cakram, rem parkir, rem tromol
c.Rem boster, rem mekanik, rem hidrolis 
d.Rem tangan, rem kaki, rem pada propeller 
e. Rem cakram, rem tangan, rem mekanik 

7. Fungsi master silinder pada rem adalah.... 
a. Menekan minyak dari master silinder ke rem 
b. Mengurangi tenaga yang diperlukan oleh pengemudi dalam pengereman 
c. Mengirim minyak rem yang telah dipompa ke rem-rem roda melalui pipa-pipa rem dan selang rem . 
d. Mengurangi tekanan maksimum ke rem 
e. Menghubungkan pipa rem dan silinder roda untuk menglmbangl gerakan suspensi

8. Gambar berikut memperlihatkan.... 

9. Pada Waktu kendaraan maju gaya yang terjadi pada rem tromol model simplek/Leading Trailing adalah.. ..(HOTS) 
a. Sepatu depan menjadi trailing, sepatu depan menjadi leading 
b. Sepatu depan menjadi leading, sepatu belakang menjadi trailing 
c. Kedua sepatu menjadi leading 
d. Kedua sepatu menjadi trailing 
e. Kedua sepatu menjadi leading trailing 

10. Sedangkan pada waktu kendaraan mundur gaya yang terjadl adalah... 
a. Sepatu depan menjadi trailing, sepatu depan menjadi leading 
b. Sepatu depan menjadi leading, sepatu belakang menjadi trailing 
c. Kedua sepatu menjadi leadIng 
d. Kedua sepatu menjadi trailing 
e. Kedua sepatu menjadi leading trailing 

11. Gambar berikut memperlihatkan.... (HOTS)
a. Adjuster 
b. Whell cylinder
c. Master cylinder 
d. Drum 
e. Return spring 

12. Di bawah ini adalah modeI-model rem tromol yang dipakai pada kendaraan kecuali.. .. 
a. Leading trailing 
b. Two Leading 
c. Leading bleading  
d. Dual Two leading 
e. Uni servo 

13. Rem tromol pada gambar berikut termasuk jenis ...
a. Leading trailing 
b. Uni servo 
c. Duo servo 
d. Two leading
e. Anchorpin 

14. Yang tidak termasuk dalam pekeraan . | adalah (HOTS) J Demenksaan dan pengukuran pada rem tromo 

a. Mengukur ketebalan sepatu rem 
b. Mengukur ketebalan kanvas 
c. Mengukur diameter dalam tromol 
d. MemerIksa persinggungan antara kanvas dengan tromol
e Memenksa silinder roda 

15. ambar berIkut adalah salah satu pemeriksan dan pengukuran pada komponen rem .
a. Mengukur diameter luar tromol 
b. Mengukur diameter dalam tromol
c. Memeriksa pesinggungan tromol 
d. Mengukur tebal tromol 
e. Mengukur tebal kanvas 

16. Jika pada saat kendaraan direm, roda depan cendrung beiok ke kiri, salah satu penyebabnya adalah ...(HOTS) 
a. Celah roda kiri depan terlalu rapat
b. Celah roda kiri depan terlalu longgar 
c. Celah roda belakang kiri terlalu rapat 
d. Celah roda kanan depan terlalu rapat 
e. Celah roda belakang kanan terlalu rapat 

Gambar diatas memperlihatkan salah satu bentuk rem cakram, Iihat gambar di atas 
untuk mengerjakan soal no.17 sampai no 18 

17. Nama komponen 1, 3, dan 5 adalah.... 

a. Balok rem, kaliper dan piringan 
b. Piringan, nepel bleding dan pad
c. Pegas penekan, piringan dan kaliper 
d. Kaliper, torak kaliper dan pegas penekan 
e. Piringan, nepel bleding dan sil torak kaliper

18. Sedangkan nama komponen 2,4 dan 6 adalah.... 
a. Balok rem, kaliper dan piringan 
b. Piringan, nepel bleding dan pad 
c. Pegas penekan, piringan dan kaliper 
d. Kaliper, torak kaliper dan pegas penekan
e. Piringan, nepel bleding dan sil torak kaliper 

19. Berikut ini merupakan ciri-ciri piringan dengan rusuk pendingin . . . (HOTS) 
a. Harganya murah
b Digunakan untuk mobil berat 
c Pendinginannya Iebih baik
d Untuk kecepatan tinggi
e Dipakai untuk hampir semua kendaraan 

20. Ciri-ciri kaliper tetap adalah ...
a. Hanya terdapat satu torak 
b. Ka|iper terpasang mati pada aksel
c. Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin
d Kaliper dapat bergerak bebas pada aksel  
e. Harganya mahal 

B. SOAL JAWABAN SINGKAT 

1. Bagian rem cakram yang berfungsi untuk menekan cakram yang berputar pada saat dilakukan pengereman adalah . . . 
2. Ketebalan kanvas rem minimum dan harus diganti adalah . . .
3. Komponen rem tromol yang berfungsi untuk menjamin ujung sepatu rem dan untuk 
4. penyetelan renggang antara sepatu rem dan tromol rem adalah (HOTS) Rem hidrolis bekerja berdasarkan prinsip hukum . . .
5. Memiliki dua silinder roda dan pada masing-masing silinder Edda terdapat satu piston. Hal ini merupakan ciri-ciri rem tromol model... (HOTS)

C. SOAL URAIAN 

1. Jelaskan Fungsi rem pada mobil! 
2. Jelaskan apa yang disebut gaya selfservo! 
3. Jelaskan fungsi rem pada mobil! 
4. Jelaskan bagaimana prosedur kerja rem pada mobil! (HOTS) 
5. Sebutkan penggolongan rem menurut konstruksinya! 

Belum ada Komentar untuk "Uji Kompetensi Rem Konvensional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel