Soal UAS Simdig Semester 2

 1. Untuk menyimpan sebuah dokumen Ms. Word dengan lokasi penyimpanan yang berbeda digunakan perintah ….

A. Open
B. Save
C. Save as
D. Copy
E. New1.      

2. Meng-klik icon

pada ribon Home bagian Paragraf berarti memberi perintah ….

A. membuat teks huruf kapital
B. mengubah jenis font
C. memberi garis
D. membuat teks rata kiri dan kanan
E. memberi efek teks warna hitam


3. Icon pada ribbon Home 

  pada aplikasi Ms. Word berfungsi untuk ….

A. memilih jenis huruf
B. memilih ukuran huruf
C. memilih format penulisan
D. membuat format spasi
E. menentukan warna huruf


4. Teks pada bagian judul artikel akan dibuat lebih besar daripada teks dibagian isi artikel, untuk mengubah ukuran huruf dilakukan dengan perintah ....

A. Line Spacing
B. Font
C. Font Size
D. Paragraf
E. Bold

5. Untuk membuat judul suatu artikel bisa tepat berada di tengah lembar kerja, cara yang dipakai adalah dengan perintah ….

A. Center
B. Justify
C. Align Left
D. Tab
E. Line spacing

6. Perintah untuk menyeting ukuran kertas pada Ms. Word 2007 terdapat pada bagian ….

A. Home
B. Insert
C. Page layout
D. View
E. Page number

7. Salah satu kertas yang biasa dipakai untuk pengetikan adalah Folio, yaitu berukuran ....

A. 210 x 297 mm
B. 210 x 330 mm
C. 216 x 330 mm
D. 216 x 355 mm
E. 297 x 420 mm

8. Ketika memilih ukuran kertas pada Ms. Word 2007, ternyata ukuran yang kita inginkan tidak tersedia pada menu yang ada, maka kita bisa memasukkan ukuran secara manual, caranya dengan memilih ....

A. Select recipients
B. Page break
C. Line spacing options
D. Costom margin
E. More paper size

9. Salah satu fungsi dari perintah Insert > Shapes adalah untuk ....

A. Menyisipkan foto
B. Menyisipkan garis
C. Menyisipkan tabel
D. Menyisipkan nomor halaman
E. Menyisipkan logo

10. Untuk memasukkan gambar logo ke dalam cover laporan, maka perintah yang dipakai adalah ....

A. Insert > Chart
B. Insert > WordArt
C. Insert > Shapes
D. Insert > ClipArt
E. Insert > Picture

11. Perintah yang paling tepat digunakan untuk menyeting batas pengetikan pada dokumen Ms Word adalah ....

A. Colums
B. Page Setup
C. Orientation
D. Margin
E. Line Spacing

12. Pengaturan batas pengetikan teks dari tepi kertas sebelah atas bisa dilakukan dengan mengubah isian pada bagian ....

A. Bottom
B. Left
C. Top
D. Header
E. Footer

13. Pada sebuah tabel dalam dokumen Ms. Word, untuk menyisipkan baris kosong disebelah atas dari baris yang sedang aktif, perintah yang dipakai adalah Insert ….

A. Rows above
B. Rows below
C. Column to the left
D. Column to the right
E. Shapes

14. Jika kita ingin menggabungkan beberapa sel dalam sebuah tabel agar menjadi satu, maka perintah yang dipakai adalah ....

A. Table
B. Rows below
C. Column to the left
D. Merge
E. Shapes

15. Membuat naskah Ms. Word sehingga tampilannya berupa lajur-lajur seperti artikel koran, perintah yang digunakan adalah ….
 

A. Tables and borders
B. Insert Ms. Excel
C. Insert Table
D. Text Wrapping
E. Columns

16. Saat menyisipkan gambar ke dalam file Ms. Word, agar posisinya bisa digeser-geser sesuai keinginan kita, maka digunakan perintah ....

A. Align
B. Insert Picture
C. Paragraf
D. Text Wrapping
E. Increase Indent

17.

Fungsi dari icon adalah …


A. Mengubah bahasa
B. Mengganti kata/frase tertentu
C. Mengubah gambar tertentu
D. Mengubah ketebalan huruf
E. Mengganti spasi antar baris

18. Memberikan penomoran halaman pada dokumen Ms. Word, cara yang paling tepat adalah dengan mengklik icon ....

A. Numbering
B. Line spacing
C. Page break
D. Page number
E. Page layout

19. Saat membuat daftar isi sebuah laporan, kita bisa membuat tanda titik-titik agar berhentinya bisa seragam di jarak yang sama, caranya dengan menggunakan ....

A. Margin
B. Ruler
C. Tab Stop
D. Size
E. Shapes      

20 Pada pembuatan struktur organisasi dengan Ms. Word, setelah menyisipkan bentuk kotak, kemudian kita berikan tulisan didalam kotak tersebut, caranya dengan perintah ....

A. Insert symbol
B. Word art
C. Add text
D. Insert table
E. Fonts

21. Pada Ms. Excel, kita bisa mengatur agar posisi teks menjadi miring 45 derajad, yaitu dengan menggunakan icon ….

A. Align Top
B. Center
C. Chart
D. Orientation
E. Text Wrapping

22. Pada Ms. Excel, perintah SUM berfungsi untuk ….

A. memperbesar tampilan
B. memperbesar huruf
C. mengalikan
D. mengurangi
E. menjumlah

23. Perintah untuk menghitung rata-rata pada Ms. Excel adalah ….

A. Sort
B. Sum
C. Average
D. Max
E. IF

24. Icon

pada Ms. Excel berfungsi untuk ….

A. Membuat kolom
B. membuat grafik
C. membuat bentuk kotak
D. menyisipkan tabel
E. membuat bingkai pada tepi sel

25. Menggabungkan beberapa sel menjadi satu pada Ms. Excel adalah menggunakan icon ….

A. 

B. 

C. 

D. 

E. 

26. Menulis data berupa rumus (formula) pada Excel harus diawali dengan tanda ….

A. *

B. “
C. =
D. ( )
E. ;

27. Sebuah tabel Ms. Exel 2007 terdiri dari beberapa kolom, untuk membuat beberapa sel bergabung menjadi satu dan isi tulisan berada di tengah tengah sel hasil gabungan tersebut, digunakan ....

A. Orientation
B. Merge & Center
C. Wrap Text
D. Center
E. Middle Align

28. Untuk membuat grafik jumlah penduduk menggunakan aplikasi Ms. Excel, perintah yang dipakai adalah ....

A. Table
B. Chart
C. Border
D. Graphic
E. Shapes

29. Pada saat melakukan perhitungan nilai raport dengan Ms. Excel, kita bisa membuat formula agar keterangan tuntas dan remidi bisa muncul secara otomatis. Fungsi pada formula yang sebaiknya kita pakai adalah ....

A. SUM
B. MAX
C. IF
D. COUNT
E. RANK

30. Cara yang digunakan untuk menghapus salah satu slide dalam sebuah file presentasi adalah ….

A. Klik pada ribbon Home, pilih Delete
B. Klik pada ribbon Insert, pilih Delete
C. Klik slide pada lembar kerja besar sebelah kanan (slide pane), tekan tombol delete
D. Klik slide pada lembar kecil sebelah kiri (slide tab), tekan tombol delete
E. Tekan tombol Esc


31. Seandainya kita ingin menyisipkan sebuah slide dibawah slide yang sedang aktif, cara yang dilakukan adalah ….

A. Insert > Slide
B. Insert > Design
C. Format > Slide design
D. Slide Show > New Slide
E. Home > New slide

32. Untuk menjalankan slide show presentasi Powerpoint 2007, bisa kita lakukan dengan cara ….

A. klik Home> slide show
B. klik Insert> slide show
C. menekan tombol F1 pada keyboard
D. menekan tombol F3 pada keyboard
E. menekan tombol F5 pada keyboard

33. Saat menjalankan slide show, untuk berganti tampilan ke slide berikutnya kita bisa melakukan hal-hal berikut kecuali ….

A. Tekan tombol panah ke bawah
B. tekan tombol panah ke kanan
C. tekan tombol spasi
D. tekan tombol enter
E. tekan tombol Esc

34. Cara menghentikan slide show yang sedang dijalankan bisa dilakukan dengan ….

A. klik kiri mouse
B. tekan tombol Esc
C. tekan tombol enter
D. tekan tombol spasi
E. klik icon di pojok kanan bawah

35. Agar tayangan presentasi menjadi lebih menarik, kita bisa memberikan efek transisi pada saat perpindahan antar slide. Menu tersebut terdapat pada ribbon bagian ....

A. Insert
B. Design
C. Slide show
D. Review
E. Animations

36. Secara naluriah, manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan komunikasi dengan sesama. Yang dimaksud dengan komunikasi daring adalah ....

A. Komunikasi yang terjadi dalam jarak jauh
B. Komunikasi menggunakan suatu media
C. Komunikasi melalui jaringan internet
D. Komunikasi langsung antara dua orang atau lebih
E. Komunikasi tidak langsung dengan orang lain

37. Tiga komponen utama agar bisa terjadi komunikasi daring adalah ....

A. Hardware, mainware, brainware
B. Hardware, software, mainware
C. Mainware, software, brainware
D. Hardware, software, brainware
E. Hardware, software, mainware

38. Berikut ini adalah daftar penyedia layanan komunikasi daring kecuali ....

A. Skype
B. Facebook
C. Google+
D. Google Chrome
E. Edmodo

39. Contoh penulisan alamat di gmail yang benar adalah ....

A. atika2019@gmail.com
B. atika@gmail.com2019
C. 2019@ atika.gmail.com.
D. atika2019gmail.com@
E. atika@gmail2019.com

40. Untuk menulis pesan baru pada email bisa dilakukan dengan mengklik icon ....

A. send
B. draft
C. compose
D. sent
E. in box

41. Bagian sent pada email berfungsi untuk ....

A. mengirimkan email yang selesai ditulis
B. melihat email yang masuk
C. melihat email yang pernah dikirimkan
D. melihat email yang telah dihapus
E. menghapus email yang sudah dibaca

42. Bagian spam pada email berisi ....

A. email yang baru saja ditulis
B. email berupa iklan
C. email yang pernah dikirimkan
D. email yang telah dihapus
E. email yang sudah dibaca

43. Menu forward yang ada dibagian atas saat kita membaca email yang masuk berfungsi untuk ....

A. membaca isi email tersebut dan mengeluarkannya dari daftar
B. menghapus email tersebut sehingga tidak dapat diambil lagi
C. menulis balasan bagi email tersebut kepada orang yang membuat
D. mengirimkan kembali email tersebut kepada orang yang lain
E. menyimpan email tersebut untuk dibaca lain waktu

44. Saat menulis pesan email baru, maka di sebelah atas dari tampilan menu email akan terdapat tulisan to yang berfungsi untuk menuliskan ....

A. judul email
B. isi email
C. alamat email tujuan
D. lampiran dokumen
E. alamat email kita

45. Saat menulis pesan email, maka di sebelah atas dari tampilan menu email akan terdapat tulisan subject yang berfungsi untuk menuliskan ....

A. judul email
B. isi email
C. alamat email tujuan
D. lampiran dokumen
E. alamat email kita

46. Jika kita akan mengirimkan sebuah email kepada beberapa orang sekaligus dan kita ingin supaya tiap penerima juga mengetahui siapa saja yang mendapat kiriman tersebut, maka alamat-alamat email yang dituju tersebut dituliskan pada bagian ....

A. to
B. subject
C. compose
D. bcc
E. cc

47. Seorang siswa bisa mengirim tugas dari guru berupa file Ms. Word melalui email menggunakan fasilitas ....
A. send
B. inbox
C. attachment
D. draft
E. spam

48. Yudi ditugasi oleh guru untuk membuat video tentang pengoperasian mesin bubut di bengkel sekolah dengan bekal modul yang berisi langkah kerja. Jenis video yang digunakan adalah ....
A. Video dokumenter
B. Video iklan
C. Video cerita
D. Video pembelajaran
E. Video berita

49. Pembuatan video untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan yang digunakan pada video pembelajaran, marketing, iklan, profil perusahaan dan sebagainya, merupakan ....
A. Pengertian kelas maya
B. Pengertian presentasi video
C. Pengertian jejaring sosial
D. Pengertian komunikasi daring
E. Pengertian edmodo

50. Manusia lebih mudah menangkap informasi dari sesuatu yang bergerak dan bersuara. Oleh karena itu presentasi video bisa menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik. Adapun tujuan dari presentasi video adalah ....
A. Meringkas suatu rekaan ataupun cerita fiksi
B. Sarana mengkomunikasikan ide melalui penyajian suatu produk dalam bentuk tayangan
C. Sarana untuk membagikan file menggunakan media internet
D. Sarana untuk menyimpan dokumen secara online yang bisa diakses dengan internet
E. Menyusun urutan cerita agar menjadi menarik dan mudah diikuti alur ceritanya

Belum ada Komentar untuk "Soal UAS Simdig Semester 2"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel