Mengubah Proyeksi Pictorial ke Proyeksi Ortogonal Eropa atau Amerika

4. 

Mengubah Proyeksi Piktorial ke Proyeksi Ortogonal Eropa atau Amerika 

Mengubah proyeksi piktoria/ isometrik ke proyeksi ortogonal 

Pada proyeksi piktorial gambar suatu benda terlihat bentuk aslinya atau berbentuk tiga dimensi. Salah satu cara untuk merealisasikan gambar tersebut harus dibuat bentuk dua dimensi, yaitu dengan mengubah bentuknya menjadi proyeksi ortogonal, seperti proyeksi kuadran l. Contoh mengubah kubus berproyeksi piktorial isometrik (perhatikan Gambar 4.27) menjadi proyeksi ortogonal amatilah 

langkah-langkah berikut. 

Buatlah sumbu kuadran l dengan memiliki tiga macam pandangan. Bidang proyeksl l, yaitu bidang horizontal yang menerima pandangan atas, pada bidang proyeksi ll bidang vertikal yang menerima pandangan muka, dan 

bidang proyeksi III, yaitu bidang profll yang menerima pandangan slsi. 

Buat persegi dengan sisi A pada bidang ll yang merupakan tampak muka kubus. Gambar persegi dengan sisi b pada bagian tengah bawah persegi sisi A. Setelah itu, buat garis putus-putus melintang dengan jarak b pada atas persegi sisi A. Hapus detail garis untuk melubangi kubus pada bagian bawah. 

Buat garis bantu menerus pada detail gambar untuk menyejajarkan pandangan pada setiap bidang. Lalu, gambar garis putus-putus untuk garis yang tidak tampak. 

d. Untuk membantu pandangan bidang I pada detail bidang 

Ill, buatlah busur yang mempertemukan garis sumbu yang tegak lurus. 

Rapikan gambar dan hapus bagian yang tidak perlu seperti garis bantu, hasilnya akan terlihat sebagai berikut 

(perhatikan Gambar 4.28). 

Belum ada Komentar untuk "Mengubah Proyeksi Pictorial ke Proyeksi Ortogonal Eropa atau Amerika"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel