2020 Bank Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Otomotif XII
1.
Perbedaan yang
mendasar antara motor bensin yang menggunakan karburator dengan sistem Injeksi
pada sistem suplai bahan bakarnya terletak pada cara :
a.
Mencampur
udara dan bahan bakarnya
b.
Pengaturan
bahan bakarnya
c.
Penempatan
komponennya
d.
Kerja dan
fungsinya
2.
Dari
pernyataan–pernyataan dibawah ini, manakah yang benar mengenai arti
perbandingan udara – bahan bakar 15 : 1 ?
a.
Perbandingan 15 Kg
udara terhadap 1 Kg Bahan Bakar
b.
Perbandingan 15 cc
udara terhadap 1 cc Bahan bakar
c.
Perbandingan 15 cm3
udara terhadap 1 cm3 Bahan bakar
d.
Perbandingan 15 cm
udara terhadap 1 cm bahan Bakar
3. Apabila
check engine menyala saat mobil berjalan maka dianalisa terjadi kerusakan pada…..
a.
Aktuator
b.
Wiring System
c.
Sensor
d.
ECU/ECM
4.
Knock sensor
terpasang pada blok engine akan mengatur…….. pada Sistem Manajemen engine
a. Timing Ignition c. Waktu pembukaan katup
b. Timing Injection d. Nilai Oktan Bahan Bakar
5.
Crank Angle Sensor/
Crankshaft Sensor (CKP) merupakan jenis
sensor untuk mendeteksi...
a.
putaran c.
temperatur
b.
kecepatan d. tekanan
6. Analisa awal apabila enggine tidak dapat idle
terjadi kerusakan pada sistem……..
a. Manifold absolut pressure sensor (MAP)
b. Idle actuator control (IAC/ISC)
c. Intake air temperatura sensor (IAT)
d. Speed sensor (VSS)
7.
Pernyataan di
bawah ini tentang Air flow sensor pada
sistem Engine manajemen
a.
Berfungsi
sebagai penyaring udara sebelum masuk manipol
b.
Mengkalkulasi
jumlah udara yang masuk kedalam intake
manifold
c.
Memberi input
data pada vacuum sensor
d.
Digunakan
sebagai pengatur bahan bakar saat putaran tinggi
8.
Engine injeksi
yang dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi tekanan udara masuk merupakan
jenis…
a.
L- EFI Type
b.
ALL-EFI Type
c.
D-EFI Type
d.
SEMI-EFI Type
9.
Sensor yang memberikan sinyal pada ECU yang mendeteksi temperatur air pendingin……. :
a.
Air cleaner
sensor
b.
Intake air
temperatur sensor
c.
Cooland sensor
d. Air flow meter
10.
Sistem Engine
manajemen dilengkapi dengan Electronic Spark Advance (ESA) komponen ini
mengontrol…:
a.
ECU
b.
Crank angle
sensor
c.
Ignition
d.
Speed
11.
Bila terjadi
gangguan (rusak) pada sensor, problem akan
disampaikan ke pengemudi melalui …
a.
Memori
b.
Fail – Safe
c.
Check engine
d.
Main Relay
12.
Komponen apa
yang perlu diperiksa pertama kali jika engine tidak mau hidup “jreng’ saat
distart?
a.
Water
temperatur sensor
b.
Air temperatur
sensor
c.
Ne sensor /
CKP sensor / Cam shaft Position sensor
d.
Throttle
Position Sensor
13.
Banyak sedikitnya Volume penyemprotan bensin
oleh injektor kedalam intake manifold akan diatur oleh ECU dengan cara :
a.
Mengatur
lamanya aliran listrik yang mengalir pada injektor
b.
Menambah tekanan
pompa semaksimal mungkin
c.
Mengalirkan
aliran listrik secara terus menerus ke injektor
d.
Tergantung
pada nilai oktan bensin yang digunakan
14.
Urutkan
pemeriksaan sesuai SOP pada tahanan injektor sebagai berikut :
1. Melepas socket injektor
2. Mengukur dengan AVO meter pada injektor
3. Mengkalibrasi AVO meter
4. Melihat data pada manual book
5. Memindahkan selector avo pada posisi OHM.
a.
1,2,3,4,5
b.
2,5,1,3,4
c.
5,3,2,1,4
d.
4,5,3,1,2
15. Dibawah
ini cara-cara penghapusan data troble code (DTC) setelah terbaca pada scan tool
adalah………..
a. melepas
kabel positif baterai diatas 30 detik
b. Melepas kabel negatif baterai diatas 30 detik
c. Mematikan kunci kontak
d. menekan tombol erase/delete pada scan tool
16. Kadar Hidro Carbon (uap bensin) tinggi pada gas buang kendaraan disebabkan
karena
a. Pembakaran yang tidak baik/sempurna
b. Campuran yang terlalu kurus
c. Filter udara tidak terpasang
d. Campuran yang sesuai/ideal
17. Kode/lambang
yang menentukan tingkat konsumsi bahan bakar menjadi ideal, boros atau kurus
adalah…
a. HC
b. CO
c. Lamda
d. CO2
18.Analisa Unsur
kimia dalam gas buang yang paling beracun / berbahaya adalah :
a. CO2
b. HC
c. CO
d. O2
19. Salah satu
tujuan peraturan pemerintah menetapkan
standar emisi yang benar untuk engine adalah..
a. agar harga
kendaraan menjadi tinggi
b. agar
mendapatkan pemasukan dari pelanggaran uji emisi
c. agar
menjaga lingkungan dari polusi akibat asap kendaraan
d. agar mobil-mobil tua tidak berani beroperasi di jalan
20. Kode/sebutan
yang ditetapkan untuk standart klasifikasi emisi gas buang menurut standar
internasional adalah….
a. AMERICAN
b. EURO
c. ASIA
d. JAPAN
Belum ada Komentar untuk "2020 Bank Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Otomotif XII"
Posting Komentar