2020 Bank Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Otomotif XII



1.        Perbedaan yang mendasar antara motor bensin yang menggunakan karburator dengan sistem Injeksi pada sistem suplai bahan bakarnya terletak pada cara :

a.         Mencampur udara dan bahan bakarnya

b.        Pengaturan bahan bakarnya

c.         Penempatan komponennya

d.        Kerja dan fungsinya

2.        Dari pernyataan–pernyataan dibawah ini, manakah yang benar mengenai arti perbandingan udara – bahan bakar 15 : 1 ? 

a.         Perbandingan 15 Kg udara terhadap 1 Kg Bahan Bakar

b.        Perbandingan 15 cc udara terhadap 1 cc Bahan bakar

c.         Perbandingan 15 cm3 udara terhadap 1 cm3 Bahan bakar

d.        Perbandingan 15 cm udara terhadap 1 cm bahan Bakar

3.  Apabila check engine menyala saat mobil berjalan maka dianalisa terjadi kerusakan pada…..

a.       Aktuator          

b.      Wiring System

c.       Sensor

d.      ECU/ECM

4.    Knock sensor terpasang pada blok engine akan mengatur…….. pada Sistem Manajemen engine

a.      Timing Ignition                      c. Waktu pembukaan katup

b.      Timing Injection                    d. Nilai Oktan Bahan Bakar

5.    Crank Angle Sensor/ Crankshaft Sensor (CKP)  merupakan jenis sensor untuk mendeteksi...

a.         putaran                                  c.  temperatur

b.         kecepatan                              d.  tekanan

6.    Analisa awal apabila enggine tidak dapat idle terjadi kerusakan pada sistem……..

a.       Manifold absolut pressure sensor (MAP)

b.      Idle actuator control (IAC/ISC)

c.       Intake air temperatura sensor (IAT)

d.      Speed sensor (VSS)

7.        Pernyataan di bawah ini tentang Air flow sensor  pada sistem Engine manajemen

a.          Berfungsi sebagai penyaring udara sebelum masuk manipol

b.          Mengkalkulasi jumlah udara  yang masuk kedalam intake manifold

c.          Memberi input data pada vacuum sensor

d.         Digunakan sebagai pengatur bahan bakar saat putaran tinggi

8.        Engine injeksi yang dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi tekanan udara masuk merupakan jenis…

a.     L- EFI Type

b.    ALL-EFI Type

c.     D-EFI  Type

d.    SEMI-EFI Type

9.        Sensor  yang memberikan sinyal pada ECU  yang mendeteksi  temperatur air pendingin……. :

a.      Air cleaner sensor

b.     Intake air temperatur sensor

c.      Cooland sensor

d.     Air flow meter

10.   Sistem Engine manajemen dilengkapi dengan Electronic Spark Advance (ESA) komponen ini mengontrol…:

a.     ECU

b.    Crank angle sensor

c.     Ignition

d.    Speed

11.   Bila terjadi gangguan (rusak) pada sensor, problem  akan disampaikan ke pengemudi melalui …

a.     Memori

b.    Fail – Safe

c.     Check engine

d.    Main Relay

12.    Komponen apa yang perlu diperiksa pertama kali jika engine tidak mau hidup “jreng’ saat distart?

a.      Water temperatur sensor

b.      Air temperatur sensor

c.      Ne sensor / CKP sensor / Cam shaft Position sensor

d.     Throttle Position Sensor

13.     Banyak sedikitnya Volume penyemprotan bensin oleh injektor kedalam intake manifold akan diatur oleh ECU dengan cara :

a.     Mengatur lamanya aliran listrik yang mengalir pada injektor

b.     Menambah tekanan pompa semaksimal mungkin

c.     Mengalirkan aliran listrik secara terus menerus ke injektor

d.    Tergantung pada nilai oktan bensin yang digunakan

14.    Urutkan pemeriksaan sesuai SOP pada tahanan injektor sebagai berikut :

1. Melepas socket injektor

2. Mengukur dengan AVO meter pada injektor

3. Mengkalibrasi AVO meter

4. Melihat data pada manual book

5. Memindahkan selector avo pada posisi OHM.

a.         1,2,3,4,5

b.        2,5,1,3,4

c.         5,3,2,1,4

d.        4,5,3,1,2

15.  Dibawah ini cara-cara penghapusan data troble code (DTC) setelah terbaca pada scan tool adalah………..

a.  melepas kabel positif baterai diatas 30 detik

b. Melepas kabel negatif baterai diatas 30 detik

c. Mematikan kunci kontak

d. menekan tombol erase/delete pada scan tool

16. Kadar Hidro Carbon (uap bensin)  tinggi pada gas buang kendaraan disebabkan karena

a.  Pembakaran yang tidak baik/sempurna

b.  Campuran yang terlalu kurus

c.  Filter udara tidak terpasang

d.  Campuran yang sesuai/ideal

17. Kode/lambang yang menentukan tingkat konsumsi bahan bakar menjadi ideal, boros atau kurus adalah…

a.  HC

b.  CO

c.  Lamda

d.  CO2

18.Analisa Unsur kimia dalam gas buang yang paling beracun / berbahaya adalah :

a.  CO2

b.  HC

c.  CO

d.  O2

19.  Salah satu tujuan peraturan pemerintah  menetapkan standar emisi yang benar untuk engine adalah..

a.  agar harga kendaraan menjadi tinggi

b.  agar mendapatkan pemasukan dari pelanggaran uji emisi

c.  agar menjaga lingkungan dari polusi akibat asap kendaraan

d.  agar mobil-mobil tua tidak berani beroperasi di jalan

20.  Kode/sebutan yang ditetapkan untuk standart klasifikasi emisi gas buang menurut standar internasional adalah….

a.  AMERICAN

b.  EURO

c.  ASIA

d.  JAPAN

Belum ada Komentar untuk "2020 Bank Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Otomotif XII"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel